BUAT E-PASPOR , GIMANA CARANYA?


Halo, visitors!

Hari ini gue mau sharing step-step mengajukan pembuatan e-paspor nih, especially buat yang udah punya paspor biasa terus mau ganti jadi e-paspor.

Jadi begini ceritanya...
Bulan lalu pas libur lebaran, partner ngajakin traveling ke Singapore tapi gak jadi , akhirnya cuma ke Bandung, selain karena gak dapet tiket juga dikarenakan gue yang paspornya udah gak berlaku hiks, oleh sebab itulah gue bertekat gajian bulan pertama harus disisihin khusus buat perpanjang paspor (gitu deh nasib fresh grad, baru kerja, malu minta orang tua hihi). Di kasus gue kali ini gue memang udah punya paspor tapi masih paspor biasa, terus dengar desas desus gitu kalau udah ada e-paspor bebas visa ke Jepang. Yaudahlah ya gue pikir... biarpun gue gaktau kapan baru kesampaian ke jepangnya, buat dulu aja e-paspor-nya kalau ada rejekinya udah gak usah pusingin visa dan paspor lagi.

Mulai lah gue mencari informasi di internet gimana sih cara bikin e-paspor ?
Sebenernya bisa aja pakai calo guys, Cuma gue gakmau aja, kan itu melanggar aturan,
Itu alasan klise aja sih sejujurnya karena gue mau ngirit aja, pakai calo mahal banget shayyy. (bercanda shayy jangan hujat saya  LOL)

Ok lanjut...ini dia informasi yang gue dapet...

Perlu kalian ketahui hanya IMIGRASI KELAS I aja yang melayani pembuatan e-paspor.
Dokumen-dokumen yang perlu dibawa, kalian bisa lihat di website resmi imigrasi http://www.imigrasi.go.id/

Awalnya gue memutuskan untuk dateng ke kantor Imigrasi Taman Sari karena gue pikir dulu juga bikin paspor disana, yaudah disana lagi aja ,tapi bokap menyarankan untuk ke kantor Imigrasi Kemayoran, katanya teknologi disana lebih mumpuni.
Malemnya gue masih sempet nanya-nanya ke temen gue yang bikin e-paspor di Imigrasi Bandara lewat chat, buat make sure dokumen apa aja dan dateng jam berapa sembari nyiapin dokumennya juga.
Keesokan harinya berangkatlah gue ke Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat di daerah Kemayoran, sesampainya disana gue dengan pedenya masuk ke antrian, you know what , gue gak dapet e-paspor tapi dapet ZONK aja...ergh

Ternyata Kantor Imigrasi satu ini memberlakukan sistem nomor antri melalui whatsapp, jadi lu harus chat ke WA Imigrasi Kemayoran, disitu baru kalian akan diberi jadwal untuk datang mengajukan dokumen pembuatan e-paspor.
Kecewa beut dah, informasi sepenting itu gak dikasih tau di website resmi imigrasi maupun artikel-artikel yang gue baca di internet, gue langsung chat temen gue buat nanya, tapi katanya di Imigrasi Bandara gak ada tuh chat WA untuk dapet nomor antrian, buat jaga-jaga gue nge-save dulu nomor Imigrasi Kemayoran yang tertera di banner.

Karena gue udah ngebet banget pengen bikin e-paspor , gue coba pergi ke imigrasi Taman Sari, sesampainya gue disana gue langsung ke tempat foto-kopian dokumen untuk pengajuan e-paspor dan untung aja gue liat pengumuman yang di tempel disana, yang ngasih tau kalau pembuatan e-paspor tidak dilayani dulu sementara waktu karena sistemnya bermasalah, gue sempet nanya dong ke masnya
Begini isi percakapannya :
Y : Mas ini lagi gak bisa buat e-paspor dulu ya?
M : Iya gak bisa
Y : Kalau saya ngajuin dokumen dulu bisa kan?
M : Bisa tapi e-paspornya jadinya sebulan

OMG kata gue dalam hati, normalnya e-paspor jadi itu 10 hari ini gimana ceritanya sebulan, akhirnya gue mengurungkan niat untuk bikin disana. Gue langsung chat WA Imigrasi Kemayoran, jadwal yang tersedia masih minggu depan lagi, yasudah daripada gak buat, gue akhirnya daftar, saat itu juga dapet respon nomor antrian dan jadwal pengajuan dokumen di tanggal 10 Agustus jam 9.00.
Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, menurut gue cukup efektif sih sistem antrian melalui whatsapp untuk membatasi jumlah orang yang dateng tiap harinya,
jadi gak perlu antri panjang dan lama, Cuma 1 yang gue sesalkan, informasinya gak disebar luas, hanya dilingkungan imigrasi itu aja yang tau, gue masih liat banyak orang yang udah capek-capek dateng ternyata gak bisa langsung ngajuin dokumen karena gak punya nomor antrian dari whatsapp imigrasi. Thats why gue sharing tentang ini supaya gak lebih banyak lagi temen-temen yang mengalami hal yang sama kayak gue



Berikut ini step pengajuan pembuatan e-paspor

  1. Whatsapp ke 0812 9004406 Kantor Imigrasi kelas I Jakarta Pusat untuk mendapat jadwal dan nomor antrian, melalui wa itu juga kita bisa minta info kelengkapan dokumen yang harus dibawa. Setelah dapet nomor antrian dan jadwal, mulai prepare dokumen-dokumen yang masih belum ada. 
(Nomor WA Imigasi Kelas I Jakarta Pusat)
  1. Hari H, dateng 30 menit sebelum jam yang ditentukan, bawa dokumen asli selengkap-lengkapnya, beserta fotokopian dokumen yang diminta, jangan sampe ada yang ketinggalan, repot nanti kalau gak lengkap harus WA ulang lagi untuk nomor antrian baru dan jadwal baru (gue sendiri bawa Kartu Keluarga, Akte Lahir, Surat Keterangan E-KTP karena E-KTP gue gak jadi-jadi, KTP, Ijazah, Sertifikat Baptis, Paspor lama) , pakai baju berkerah rapih, sepatu dan jangan pakai baju warna putih dan soflens.
  2. Sesampainya disana langsung aja masuk ke antrian.
  3. Buka chat WA kita dengan Imigrasi yang ada nomor antriannya dan kasih dokumen ke petugas untuk diperiksa.
  4. Petugas akan kasih form pengajuan E-paspor , serta nomor antrian dan fotokopian dokumen disatukan dalam map kuning, minta cap E-paspor di map.
  5. (Dokumen dan form)
  6. Isi formnya, setelah itu naik ke lantai dua untuk menunggu nomor antrian kita dipanggil.
    (Lantai 2 kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat)
  7. Saat di dalam loket , dokumen asli akan diperiksa lagi dan diwawancara sedikit.
  8. Terakhir kita akan difoto , scan sidik jari dan ditanya-tanya lagi sama petugas tujuan pembuatan paspor. Petugas juga akan menginfokan berapa lama waktu pembuatan dan kapan harus diambil, kemudian mereka akan kasih kwitansi gitu (gue disuruh nanya ke bagian pembayaran ada dilantai 2 itu juga, untuk dapet nomor pembayaran lewat bank)
  1. (Loket foto dan wawancara)


Biaya pembuatan e-paspor Rp 655.000, 600ribu buat e-paspor, 55ribu buat jasa pengunaan teknologi, dibayarkan ke Bank BUMN kayak Mandiri, BRI dan kawan-kawannya. Gue sendiri memilih bayar pakai ATM Mandiri.
(Tarif)

Buat yang nanya kok gak ada foto e-paspor barunya , jawabannya gue belum bisa pamer karena belum jadi , masih 10 hari lagi jadinya HUAHUAHUA.

Yak selesai sudah sharing ku hari ini, semoga bermanfaat dan thankyou udah mampir !!! See you & GOD BLESS.

Comments