MAGANG DI BCA

MAGANG DI BCA


BCA INTERNSHIP PROGRAM (BIP)


Hi lagi!!!


     Kalau sebelumnya gue bahas tentang tips cari tempat magang, kali ini gue mau menjawab pertanyaan-pertanyaan soal magang di BCA.

     Gue cerita disini aja, jadi kalau ada yang nanya magang di "BCA enak gak?", "kerjaannya ngapain aja?" , "gimana cara lamar kesana?", "dapet uang saku gak?" and so on , gue bakal jawab "Baca aja di blog gue" SAAAHHHHH. (gue gak ngulang-ngulang cerita lagi jadinya, bosen buuu)


     BCA adalah pemberhentian terakhir pencarian magang gue buat menggenapi mata kuliah magang saat itu. Sebelumnya gue mau tegaskan gue bukan ikut program "MAGANG BAKTI", kenapa gue tegaskan karena setiap orang yang nanya gue magang dimana, dan waktu gue jawab "BCA" mereka kira gue ikut Magang Bakti yang buat front liner semacam teller dan cs. Hmm please deh... kerja di BCA gak cuma jadi teller doang ada banyak unit lain juga.


     Jadi...gue masuk dalam BCA Internship Program guys... atau disingkat BIP, waktu itu gue mulai magang dari bulan juni sampai agustus 2016. Disana gue adalah anak magang di Divisi Pengembangan Dana dan Jasa atau disingkat DPDJ, Sub-Divisi Marketing Communications. Marcomm BCA terdiri dari 3 aspek nih kawan, gue dibawah bimbingan kakak mentor Rendy Alimudin yang menjabat sebagai  ASSISTANT MANAGER (DIGITAL CONTENT STRATEGIST) di Aspek Digital Marketing atau disingkat ADM.


    
(Foto bersama kak Rendy)

Gue mau cerita sedikit soal proses gue sampai keterima di BCA 
Kira - kira begini kronologinya :

- Tanggal 20 April gue kirim e-mail lamaran dihari yang sama gue dapet balasan dari HRD BCA si Ibu Yuana Wijaya yang menurut gue fast respon dan sabar banget ladenin e-mail gue.

- Setelah itu kita e-mail-e-mailan dan tanggal 28 April, Ibu Yuana bilang udah dapet divisi yang menerima gue.

- Tanggal 8 juni gue dapat e-mail undangan tes online. 

- Tanggal 16 Juni gue diundang ke Wisma Asia Slipi, akhirnya gue ketemu si Ibu Yuana masih muda loh kawan, ramah sekali orangnya, disana gue diinterview, diminta tanda tangan kontrak dan peraturan, dikasih form uang saku dan briefing.

- Tanggal 20nya mulai magang tapi gue gak dateng karena ada yang harus gue urus dikampus jadi gue mulai masuk tanggal 21nya. 


Berikutnya adalah menjawab pertanyaan yang banyak dilontarkan kepada saya, disusun dalam bentuk pertanyaan dan jawaban ;



1. Ngelamar kesana gimana caranya?

Gue waktu itu e-mail ke temennya temen gue sih, baru dilanjutin ke HRD nya, di e-mail terlampir CV, surat keterangan dari kampus, dan pengantar diketik langsung di e-mail.



2. Dapat uang saku gak? kalau ada berapa?

Yang pasti dapet, soal berapanya gak etis gue kasih tau.



3. Jam operasional?

Awal gue magang itu pas sama awal puasa jadi masuk jam 08.00- 16.00 WIB , setelah lebaran balik ke jam normal 08.30-17.30 WIB, hari kerja Senin-Jumat.



4. Penampilan harus gimana ?

Peraturannya pakai baju rapih, rambut ditata rapih, pakai pantofel pokoknya yang nutup jari-jari kaki selayaknya karyawan bank dan yang terpenting buat gue wangi. Tapi HRD menyarankan untuk sesuaiin sama karyawan-karyawan disana, gue biasanya pakai kemeja + celana bahan, blouse/rok bahan +  celana bahan/rok bahan, heels yang depannya ketutup.



5. Kerjaannya ngapain aja?

Analisis traffic website, membuat laporan hasil analisis, diikutsertakan dalam kegiatan rapat dan briefing, menjadi notulen rapat, membuat artikel promosi, membuat riset, melakukan website quality controlmembuat konsep dan design website project, mencari referensi dan membuat materi presentasi sesuai kebutuhan, media monitoring. (Selengkapnya silahkan baca laporan magang saya di perpus FIKom UNTAR pas udah rampung nanti)



6. Magang di BCA enak enggak?

Ini subjektif sekali saudara-saudara, enak gak enak tergantung diri sendiri mampu menyesuaikan diri atau enggak.



7. Orang-orang disana kayak gimana sih? serem gak?

Gak sama sekali guys, balik lagi tergantung diri sendiri, jadilah supel, kalau dikasih tugas yang kita gak paham jangan malu bertanya, gak usah pikirin bakal dijelek-jelekin kalau gak bisa ngerjain tugas yang dikasih, namanya juga magang, disana kita masih belajar juga, kalau gak dikasih kerjaan ya mintalah guys jangan takut, stay positive!!!.

Karyawan disana gak ada yang serem kok,mereka gak kaku, suka bercanda, suka berbagi makanan, kadang siomay, martabak, kue-kue dan bingkisan ucapan hari raya dibagi-bagi semua wkwkwk




8. Kalau istirahat makan apa?

Di basement ada sih kantin karyawan, tapi honestly, gue lebih prefer beli makan dipinggir jalan depan Menara BCA, ada ayam penyet super enak seharga Rp 18.000 (Nasi + Ayam + Tahu + Tempe + Sambel) ini recommended banget kalau suka pedes, ada yang jual bakmie, terus ada warteg gerobak gitu terkenal dengan ayam bakarnya, ada tukang nasi goreng juga, tukang gorengan dan lainnya. 


9. Gambaran kantor Pusat BCA?

Nih gue kasih foto real!

Ini meja kerja gue


Ini kayak Guest room gitu ruang tunggulah ya

Studio Design (Abaikan lelaki yang bernama Kak Gun)











  
 saya kira cukup cerita saya hari ini, semoga menjawab kegalauan saudara-saudari sekalian, kalau ada pertanyaan yang belum terjawab disini silahkan tinggalkan comment ya!


Comments

  1. Halo, aku mau nanya. Posisi magang yang kamu dapet itu apakah permintaanmu atau ditempatkan random namun sesuai dengan basic jurusanmu di kuliah? Terima kasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo santi, waktu email-emailan sm hrd mereka akan tanya mau nya di divisi apa, jadi sesuai dengan permintaan kita, kecuali memang devisi yang kita ingin lagi gk terima magang mungkin akan ditawari divisi lain. Terimakasih sudah mampir ke blog ini semoga jawaban saya jelas yaaa

      Delete
  2. Kak kalau boleh tau email hrdnya apa ya ?

    ReplyDelete

Post a Comment