Tips Interview Magang



Yuhuu visitors,

Sejarah blog ini saya buat karena tugas kuliah dulu banget pas masih semester 1 kalau gak salah inget, setelah tugas kuliah selesai, blog ini saya tinggalkan LOL....gue sebelumnya emang gak aktif di dunia maya, social media lain juga jarang-jarang ngepost, gue terlalu sibuk di dunia nyata saudara-saudara. Belakangan ini baru mulai ngerasa tertarik buat lebih aktif posting di dunia maya, termasuk nulis di blog, bukan berarti gue udah gak sibuk ya wkwk, tujuan gue adalah sharing sih, siapa tau sharing gue bisa menjadi jawaban yang dicari orang-orang selama ini (pede banget gilaaa).

Ini adalah sharing pertama gue di blog ini, semoga dapat menjawab kegalauan kawan-kawan yang lagi cari tempat magang. ENJOY READING...

Jadi guys, di kampus gue, magang itu masuk dalam mata kuliah juga, jadi sifatnya wajib buat mahasiswa/i. Gue waktu itu mulai cari tempat magang dari pertengahan semester 6, apply kesana-sini, interview sana-sini gak ada yang cocok (gak cocok = ditolak) , ditolak ini karena macem-macem, ada yang mulai magangnya bulan mei sedangkan gue masih ada perkuliahan, dan perusahaan maunya anak magang yang bisa masuk full. 1x gue gak lolos karena tes psikometri euh banget deh, setelah itu gue intropeksi diri memang sih waktu itu gak pernah coba-coba ngerjain tes psikometri sampai khatam dan gak nyangka seleksi buat jadi pemagang seketat itu, gue harus terima kenyataan pahit ini, tapi positifnya jadi pembelajaran banget sih buat  ngelamar kerja nanti, dan bikin gue sadar yang ngelamar itu bukan gue sendiri dan harus ada sesuatu yang buat pribadi kita menarik.

Setelah gue mendengarkan banyak masukan dan pengalaman orang-orang sekitar, inilah tips yang bisa teman-teman terapkan :

1. Siapkan CV dan surat pengantar ya, kalau waktu itu gue lampirin surat dari kampus, cv, dan pengantar ketik langsung di e-mail. Saran aja sih alamat  e-mail yang profesional ya jangan a diketiknya 4, l di ketiknya 1 (you know what i mean lah) wkwk

2. Jangan mepet, misalnya mau magang bulan juni tapi baru lamar bulan mei, HELLOO lau kira lau siapa wkwkwk, kecuali lu anak yang punya perusahaan atau koneksi hmmm , gue waktu itu 3 bulan sebelumnya udah mulai ngelamar sana-sini. 


3. Cari tahu perusahaan tempat kalian lamar itu seperti apa, produknya apa, berita terkini seputar perusahan, ada event-event apa, and so on. Kirim deh lamarannya!

4.  Kawan-kawan yang mau magang apalagi di perusahaan bonafit, pelajari tes psikometri gimana caranya biar bisa ngerjain soal tesnya dengan cepat dan tepat.

5.  Latihan interview, tanya-tanya ke orang-orang yang lebih berpengalaman kira-kira pertanyaan apa sih yang bakal muncul waktu interview supaya bisa siapin jawaban terbaik.

6.  Berdoa dan menunggu dengan penuh harapan "kapan gue dipanggil interview?!"

7. Waktu interview perhatiin penampilan ya kawan, wangi, rapih, sopan, dandan loh tapi gak usah berlebihan, jangan ketinggalan berkas-berkas yang sudah disuruh bawa sama HR. Jangan lupa tersenyum, murah senyum ke siapa saja, kita gak pernah tau status dan jabatan orang yang lalu lalang di kantor tempat kita lamar, harus antusias dan pede guys, tinggalkan kesan menyenangkan. "attitude is everything" saaaahhhh

8.  Check e-mail apakah ada kabar baik dan pastikan nomor dapat dihubungi.

Kawan kalau ditolak jangan putus asa, bukan berarti kalian gak mampu cuma belum sesuai kualifikasi aja, harus intropeksi diri, dan tetap semangat cari lagi tempat lain, gue juga pernah merasakan penolakan yang sama, but in the end bakal dapet juga kok yang sesuai, kalau ada koneksi manfaatkan kawan jangan ragu LOL, Good luck!



(note : foto diatas adalah bocoran post berikutnya, ciyaaa!)

Comments