I bleached my hair BLONDE , bleaching sendiri/otodidak , bleaching pertama kali pakai PRAVANA , ANTI GAGAL !

Hi Visitors,



Some of you mungkin sudah melihat hasil karya bleaching-an rambut gue pada moment pandemic covid19 di instagram story @yolinkie.

Dikarenakan antusiasme temen-temen di instagram yang luar biasa, banyak banget yang nanya di DM maupun di questions story seputar rambut gue yang tiba-tiba udah blonde. Jadi gue juga excited untuk buat blog I bleached my hair Blonde !.
Seharusnya jadwal ngeblog gue masih tentang Europe trip (buat yang belum baca jalan-jalan gue di eropa bisa klik disini),
demi... demi... rasa penasaran temen-temen, gue mendahulukan blog bleaching deh.
Mohon maaf banget buat yang nunggu-nunggu blog budget ke Eropa, mohon bersabar, ini ujian WKWK.
Lagi covid19 juga jadi gak bisa jalan-jalan guys.WKWK.

Awal mulanya, gue sampai punya rambut blonde itu, memang udah plan dari lama banget mau ngecat rambut di salon, gue udah sampai nentuin tanggal dong.
Lalu datanglah Covid19 dan salon pada tutup semua.
Karena keinginan kuat ini sudah tidak terbendung lagi, akhirnya gue memutuskan untuk research sendiri gimana sih caranya bleaching dan brand apa yang bagus plus anti gagal untuk gue yang pemula dan suka nyoba sendiri ini.
Berikut hasil research dan percobaan yang sudah saya lakukan :

Mari kita mulai dengan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan bleaching dibawah ini (gue pakai gambar-gambar dari internet aja ya guys, kalau foto-foto punya gue sendiri lagi lama, biar cepet selesai ini blognya WKWK)


  1. Peralatan cat rambut
    Siapin kip supaya cat nya gak kena baju, sisir untuk ngolesin cat, mangkok untuk wadah cat, gloves supaya tangan terlindung dari cat bleaching, penutup telinga biar gak kena kuping cat nya, alumunium foil untuk membungkus rambut dan yang terakhir jepit buaya. Gue taro link tempat beli nya untuk memudahkan kalian. "Kenapa pakai acara ada alumunium foil ya yol?" karena alumunium foil ada fungsinya, yaitu untuk menaikan suhu rambut jadi lebih panas dan warna bleach lebih mudah masuk ke rambut.
    Set peralatan cat dari Cahaya Cosmetic HS
    Alumunium foil rambut dan jepit buaya dari Kencana_S

  2. Cat bleaching dan Olaplex
    Gue pakai bleaching powder dan developer dari brand PRAVANA. Kalau masih mau coba-coba dulu, dari pada langsung beli masing-masing produk 1 botol, di e-commerce bisa beli yang share packaging.
    Beberapa orang ada yang nanya "bakal rusak gak sih yol rambut gue nanti ?", 
    jujur tergantung rambut masing-masing, tapi sepengalaman gue , rambut gue yang tipis ini, setelah melalui tahapan bleaching 2-3 kali masih tetep halus.
    Rahasianya adalah Olaplex no.1 yang ditambahkan dalam campuran bleaching
    Olaplex ini , memang fungsi nya untuk mencegah kerusakan rambut pada saat proses bleaching berlangsung.
    Untuk volume dari developer ada yang dari 10, 20, 30 dan paling tinggi 40. Semakin tinggi developer semakin cepet naik level bleaching tapi semakin parah juga kerusakan rambut yang diakibatkan.
    Share package bleaching yang gue pakai setiap paketnya terdiri dari :
    - Pravana bleaching powder, 60 ml
    - Pravana developer volume 20, 90 ml
    - Pravana developer volume 30, 90 ml
    - Olaplex no 1, 7,5 ml (kalau yakin rambut gak akan rusak , silahkan beli paket tanpa olaplex)

                      
    Pravana bleaching powder & developer dari Binkdotz dan Latitania
Next adalah tahapan bleaching versi gue , step nya gue buat se-efisien mungkin sebagai berikut :
  1. Siapkan alumunium foil, gunting dalam bentuk lembaran. Ukuran sesuaikan dengan panjang rambut.
  2. Bagi rambut ke dalam beberapa section menggunakan sisir dan jepitan buaya.
  3. Kenakan kip dan gloves.
  4. Tuang bubuk bleaching ke dalam mangkok, setelahnya tuang developer diatasnya. Aduk ke 2 bahan sampai rata banget (sampai gak ada gelembung powder). 
    Developer gue pakai yang volume tinggi dulu yaitu 30 baru di bleaching ke 2 pakai volume yang lebih rendah yaitu volume 20.
    Bubuk bleach waktu di tuang akan banyak partikel kecil berterbangan, jadi saran gue tutup pakai tisu atau tangan pada saat nuang ke mangkok.
  5. Masukin olaplex no.1 dan aduk kembali hingga rata.
  6. Mulai aplikasi kan cat bleaching per section rambut. Saran, jangan tebal-tebal ngambil rambut nya dan harus sampai rambut terlihat becek. Mulai aplikasiin dari rambut tengah ke ujung rambut, baru kemudian dari akar ke tengah karena rambut akar atau bagian atas itukan virgin hair, jadi cepet banget masuk warna, jangan sampai warna rambut di bagian atas sudah warna putih tapi dibawah masih coklat.
  7. Bungkus setiap section rambut yang sudah di beri cat dengan lembaran alumunium foil.
  8. Selama pengaplikasian cat kan pasti sudah habis 30 menit sendiri ya, jadi proses mendiamkan rambut yang sudah di kasih cat bleach tambahin lagi 30 - 50 menit.
Gue juga ngebleach alis karena gemes ya alis item rambut pirang, kalau kalian juga mau ngebleach alis, pakai yang volume 10/20 aja ya dan kalau misalnya pas diaplikasiin ke alis itu perih lebih baik di cuci saja dan kubur dalam-dalam niat Anda untuk bleach alis, bahaya genkz bisa melepuh.

Note by Yolin: 

  1. Perlu dicatat bahwa dalam 1 kali bleaching belum tentu bisa langsung dapat level bleach yang diinginkan, jadi tergantung rambut masing-masing.
  2. Untuk tipikel rambut gue butuh 2-4 kali bleach baru bisa sampai blonde karena dari warna rambut gelap (tidak pernah sekalipun bleaching).
    Buat yang sudah pernah cat rambut dan sudah pernah bleaching atau natural light color hair harusnya lebih cepet sampai ke level 7-10.
  3. Teknik pengaplikasian seperti cara nguas nya cara bagi section nya dan lain-lain gue belajar dari youtube channel hair stylist super famous Guy Tang. Beliau punya brand cat rambut keren-keren namanya #Mydentity , jadi supaya kalian gak no clue banget, silahkan di tonton dulu aja 1-2 tutorialnya Guy Tang.
  4. Setelah bilas bleaching dari rambut, dengan kondisi rambut stengah kering, gue aplikasiin Olaplex no.2 untuk menutup kutikula rambut yang menandakan proses bleaching sudah selesai. Manfaatnya untuk mencegah kerusakan rambut after bleach.
  5. Untuk rambut gue yang sedada dan tipis butuh 4 share package pravana + olaplex no.1

Selesai juga ni blog.
Silakan yang masih greget dipenuhi pertanyaan bisa dm di instagram  @yolinkie atau leave comment below.
Selamat menuju rambut blonde 2020 and God bless you guys !


Comments